Perjalanan Java-ku

Bismillahirrahmanirrahim.

Perjalanan Java-ku

27/05/16 03:30:39 PM

Meja Makan Kosan

Ketika pertama kali masuk bangu perkuliahan hati saya sangat gusar, saya di suguhkan dengan bahasa pemgoraman dimana sebelumnya saya mengetahuninya sebagai label “Java, Free but shackles” dalam essai yang diterbikan oleh FSF di tahun 2004. hari-hari saya penuh dengan dilema, yang mana kesalahan saya kala itu tidak cepat mencari tau, 2 bulan berlalu dalam kebingunan dan hati yang masih ingin belajar Phyton, akhirnya saya memutuskan untuk mendalami Java License, mendarat di situs Stackoverflow yang saya baca berkali-kali belum membuat saya paham, dengan isi yang tidak jauh seperti ini:

” java is close to be free” but no 100%, you have to pass the TCK license to say it “java”.

Dan dalam halaman lain saya temukan kata,

“java is free software”, karena java ada dalam list Free Software Direcory dari FSF.

Yang kemudian ketiakpuasan dari informasi ini mengatarkan saya untuk Mengirimkan email kepada beberapa tokoh, dengan pertanyaan:

1. apakah Java Free Sofware?
2. Mengapa banyak universitas Menggunakan Java sebagai Bahasa utama?

diantaranya adalah Bapak Onno W Purbo dan Bapak Romi Satria Wahono. Dimana Bapak Onno dan Bapak Romi menjawab kurang lebih seperti ini:

– kamu memiliki banyak waktu, gunakanlah secra baik ( maksudnya bisa belajar 2 bahasa sekaligus).

– banyak yang menggunakan java karena berada pada index teratas tiobe dan banyak perusahaan yang menginginkan java developer.

Dan Bapak I Agus Eka Pratama Membalas kurang lebih seperti ini:

– yang penting itu Logika nya dulu kamu harus kuasai, banyak sekali bahasa di luar sana yang jarang terdengar, tetapi mudah beradaptasi jika logika-nya kamu sudah dapat.

Hal ini juga membuat saya tenang, berikut juga penjelasan Dr. Werner Volgel, CTO Amazon di Tech In Asia Jakarta:

” User don’t care about your technology, they don’t care about your programming language, they don’t care about your framework. But they care about your product”

Hal ini juga mengantarkan saya pada pertanyaan-pertanyaan berikut ketika saya sudah mengenal OpenJDK.

1. bisakah kita membangun sebuah program dengan hasil yang sama jika menggunakan OpenJDK dibanding OracleJDK?

2. program apakah yang 100% dibangun menggunakan OpenJDK?

Yang mana kedua pertanaan tersebut dihapus dari Stackoverflow karena tidak memmenuhi syarat, ya tidak mengapalah. Karena dengan hal itu saya akhirnya 3 hari mencari jawaban tersebut dengan membaca OpenJDK F.A.Q dan IcedTea Project F.A.Q. Dari kedua situs tersebut, saya mendapatkan kesimpulan bahwa:

Alhamdulillahirabbilalamin.

So now you can use, study, modifies, share and distribute java using a Free Java environment like OpenJDK, IcedTea and GNU Claspath because their licenses are under GPL.

Dont worry about the differences between Oracle JDK and OpenJDK, cause mostly they dont have big differences between them. Just few additional closed source component added to Oracle JDK form the basis of OpenJDK. So you can make the same powerful program on free environment too.

Alhamdulillah sejak paragraf diatas di tulis, saya mulai mempelajari Java dengan sungguh-sungguh, dimana pada pertama kuliah saya sama sekali tidak mempelajarinya, dan sangat-snagat tertinggal, sekarang alhamudlillah saya bisa setara dengan teman-teman pada umumnya, yang insyallah pada tahap selanjutnya saya akan mempelajari java secara intensif dan mendalam.

– –

Memang kekhawatiran tentang Java license masih ada, tetapi saya tetap akan mendalami java terlabih dahulu, hingga akar semasa saya kuliah, karena jika saya mempelajari yang lain, ini akan menyulitkan diri saya sendiri dalam tugas dan project perkuliahan, jika memang suatu saat tatkala saya menggunakan OpenJDK masih mendapatkan permasalahan non-teknis, saya siap menulis karya saya dari awal dengan bahasa lain, intinya saya dapat logika dalam berkarya pada computer Programing.

Ps: banyak sekali Bapak-bapak yang membantu saya memberikan jawaban, dari forum, facebook maupun email, yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu, insyallah nanti akan saya tulis list tanda terimakasih saya.

Alhamdulillah.

27/05/16 03:51:41 PM

Leave a Reply

